This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Pages

Rabu, 25 Mei 2011

Nazaruddin akan dicopot jabatannya ?

Metronews.com.Jakarta. kamis, 26/05/2011
Berbagai Pihak banyak yang tidak puas kepada keputusan DPP Partai Demokrat yang Cuma mencopot M Nazaruddin sebagai Bendahara umum partai . Salahsatunya adalah, bersama Forum Organisasi kemasyarakatan . Dan rabu, (25/05), Forum  mengadukan Nazaruddin ke badan kehormatan DPR.


Forum yang mengadukan Nazaruddin terdiri dari aktivis petisi  28, HMIMPO, forum kebangsaan pemuda Indonesia, dan aktor Pong Harjatmo. Mereka mendesak BK DPR memecat Nazaruddin  sebgai anggota dewan.
Forum berpendapat, setidaknya ada tiga dugaan kejahatan yang dilakukan Nazaruddin, pertama, Kasus suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games Palembang. Kedua, pemberian uang kepada sekjen MK. Ketiga, melakukan pelecehan seksual terhadap sales promotion girls di bandung, Jawa Barat.
Forum Menilai, terjadi pelanggaran etika yang dilakukan Nazaruddin. Untuk itu BK DPR harus bertindak tegas.
Sumber :   http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/05/25/128929/Nazaruddin-Didesak-Dicopot-dari-Keanggotaan-Dewan

Rabu, 18 Mei 2011

Blog Dan Facebook


Dari 100 situs paling populer di dunia pada kuartal empat 2006, 22 di antaranya adalah blog . PR(Public Relation) harus selalu menjaga kebaikan dalam perusahaan .






Kelebihan dan kekurangan dalam Blog dan Facebook atau Twitter.
1. Kemudahan dalam beriklan
            Dari berbagai iklan dipelayanan masyarakat banyak perusahaan yang menggunakan iklan di facebook dari iklan sosial,ekomomi,politik maupun yang lainnya. Ketimbang Blog facebook lebih unggul dalam iklan disamping lebih mudah membuatnya, Facebookjuga lebih mudah meng up date dalam usernya.
            Blog lebih banyak dalam perusahaan besar bahkan dalam melihat picture/gambar yang lebih lebar dan luas.
2. Chatting Online
Di facebook ada chatting online yang langsung menirim pesan ke user/pengguna lain. sedangkan blog terjadi pesan tertunda dulu yang sering kita Alami jika membuka blog.
3. template create  
            Di banding facebook, Blog lebih bisa memilih template atau gambar mana yang kita inginkan . bisa langsung mendownload dari 'google.com dan yang lainnya.
4. Karakter Terbatas         
            Untuk memposting blog lebih unggul dari facebook, karena beribu" kata bisa diposting lewat blog dan lebih mudah dalam membacanya.   
5. benefit income
            Dalam blog kita bisa berbisnis dan menghasilkan keuangan yang lebih tinggi jumlahnya.
6. User Spesific
            Pengguna Facebook lebih sering up date ketimbang blog untuk mempermudah menjalin hubungan di dunia maya lewat jejaring sosial ini bahkan bukan hanya bertukar informasi tetapi hal - hal lain juga bisa ia pergunakan dan di manfaatkan. karena tidak terlalu lama penunndaan proses pertukaran informasinya.
7. Mayoritas Account
            Mayoritas account lebih banyak facebook karena lebih mudah dalam bertukarnya informasi.
8. Komentar atau comment
            Komentar yang dilakukan facebook lebih terlihat dan diketahui siapa yang mengkomentari postingan yang ada karna ada kelebihan dengan mengadakan foto pengguna dalam profilnya.
9. Judul
            Didalam blog banyak artikel - artikel penting yang kita cari dan di manfaatkan sebagai tugas ada kepentingan lain seperti ilmu pengetahuan umum. Untuk itu Judul dalam sebuah artikel sangat penting dan bisa diketahui dengan mudah dalam adanya JUDUL. ketimbang facebook judul tidak begitu penting atau di permasalahkan.

Media Baru di Indonesia 2010

- 2010 - Pemerintah menargetkan seluruh desa dan kecamatan di indonesia telah terhubung dengan infrastuktur telepon dan internet.(pidato SBY pada sidang paripurna DPD RI, 19 Agustus, di jakarta).
- 2010 - Ada 130 juta pengguna HP dinegri ini (kompas, 20 Oktober 2009).
- 2010 - Pengguna Internet akan meningkat akan meningkat menjadi 58 juta (Estimasi Nielsen Media Research/Media Scene 2009).
Pengakses internet terbesar di indonesia berusia 15 - 19 Tahun (Survei yahoo dan Taylor Neilson Sofres Indonesia).Pengguna Facebook di Indonesia.

Rabu, 04 Mei 2011

Pengertian Social Network

          Social Network adalah jaringan virtual yang terbentuk di antara sejumlah pengguna internet, yang membentuk jejaring sosial berdasarkan kesamaan tertentu. Jejaring ini bisa terbentuk karena kesamaan satu atau lebih karakteristik, misalnya kesamaan minat, profesi, asal-usul (sekolah, tempat lahir, dsb.), dan lain-lain.
Nama lain:
       Participatory media
       Consumer generated media/User generated content
       Web 2.0
         Social Network Media adalah teknologi atau media on-line yang memungkinkan para anggota jaringannya saling berbagi berhubungan dan bertukar pendapat, wawasan, pengalaman dan perspektif, satu dengan lainnya.

“If you
want to understand change
you need to be part of it.”
Awas! Dampak Blog & SNM

Media adalah pisau bermata dua
*      Pesan positif maupun negatif bisa menyebar dengan sangat cepat dan sangat luas.
*      Hukum besi komunikasi: kecepatan penyebaran berita negatif dibandingkan berita positif bagaikan deret kali berbanding deret tambah.
*      Perhatikan dan tanggapi setiap komentar, tanggapan, masukan, usulan, pada blog korporat
*      Simak dengan saksama sejumlah blog berpengaruh yang isi atau perhatiannya relevan dengan perusahaan kita (lakukan tagging atau RSS Feed)
*      Bina hubungan baik dengan blogger berpengaruh, sebagaimana dengan media massa dan LSM
Sejarah
     Social Network Media dimulai seiring dengan diperkenalkannya pendekatan Web 2.0.
Terjadi revolusi dalam penggunaan internet dari hanya searah (corporate/publisher/broadcaster orientation) menjadi dua arah, bahkan multiarah.
Hubungan yang terjadi bukan lagi antara producer (corporate/publisher/broadcaster) dengan user
Social Network Media adalah Media PR 2.0
 Sumber : Dari softcopy materi cyberCom.

E - RELATIONS dan Macam - Macamnya


E - RELATIONS
*      Media-media on-line yang biasa digunakan untuk menjalin hubungan
*      Mengembangkan Hubungan dengan Komunitas On-Line
*      Mengembangkan Komunitas On-Line untuk Media Relations
*      Menyebarkan e-News Release
Cyber Relations atau e-Relations adalah menjalin hubungan dengan para pemangku kepentingan (stake holders) perusahaan dengan menggunakan media berbasis internet.
Khalayak sasaran e-Relations meliputi internal maupun eksternal stake holders.
*      Internal/Employee e-Relations à intranet, LAN (Lotus Notes based), e-Newsletters, e-Zine
*      Internal/Management Information System (MIS)
*      Customer e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine
*      Investor e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine
*      Media e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine

*      Karyawan merupakan aset penting yang menentukan keberhasilan perusahaan.
*      Semangat dan motivasi karyawan sangat ditentukan oleh komunikasi dengan karyawan
*      Merupakan pegangan bagi karyawan (visi, misi, arahan, strategi perusahaan)
*      Merupakan bagian dari transparansi dan good corporate governance (GCG)
*      Karyawan menghargai komunikasi yang disampaikan dengan jelas, transparan, dan sopan.
*      Karyawan sangat menghargai bila komunikasi dilakukan oleh pimpinan tertinggi (CEO)
*      Dalam menyampaikan kabar buruk, berikan data dan fakta – jangan ditutup-tutupi – sehingga seluruh internal stakeholders dapat bahu-membahu mengatasi persoalan yang terjadi
*      Dalam menyampaikan kabar baik jangan terlalu berlebihan sehingga menimbulkan harapan berlebihan.

Customer Relation (1)
*      Pelanggan mempunyai kebebasan sepenuhnya untuk memilih berbagai produk atau jasa yang ditawarkan di pasaran.
*      Dalam menentukan pilihan tersebut mereka membutuhkan informasi yang transparan
*      Citra merek yang baik sangat penting dalam mempengaruhi  pelanggan dalam menentukan keputusan membeli, namun tak menjamin kesetiaan pelanggan bila informasi tentang produk atau jasa yang disampaikan terbukti berbeda dengan kenyataan, layanan pelanggan buruk.
Customer Relation (2)

*      Customer relations bisa mempertahankan atau menghilangkan pelanggan.
*      Pelanggan yang puas akan melakukan positive words-of-mouth dan positive viral communication. Dia akan menjadi ambassador atau evangelist bagi produk atau jasa kita yang mendorong akuisisi pelanggan baru.
*      Pelanggan yang kecewa akan menjadi terrorist yang menyebarkan negative words-of-mouth/negative viral communications
*      Kecepatan menyebar berita baik dibandingkan dengan berita buruk, seperti deret tambah (deret hitung) dan deret kali (deret ukur).
Customer Relation (3)

*      Ada sejumlah media komunikasi digital yang biasa digunakan dalam menjalin e-Customer Relations
*      e-Customer Newsletters
*      e-Magazine
*      Fanzine
*      e-Brochures
*      e-Direct Mail
*      e-Forum (web based)
*      Corporate Blog
*      Product Video (ditempatkan di website atau di YouTube)
*      Social Network Media: Facebook, Goodread, etc.
e-Media Relations
Ada sejumlah perubahan fundamental di bidang media relations dengan berkembangnya teknologi internet.
*      Di satu sisi, praktisi PR menjadi lebih mudah menyebarluaskan pesan-pesannya ke berbagai komunitas media secara serentak ke berbagai alamat – bahkan yang jauh di belahan bumi lain – dengan cara yang sangat murah.
*      Ini berarti ketika terjadi masalah penting dan perusahaan perlu mengumumkan dengan segera masalah tersebut ke banyak pihak (termasuk media), perusahaan bisa memanfaatkan jalur e-Media Relations ini.
*      Di sisi yang lain, perusahaan juga menjadi lebih sulit dalam menghalangi penyebaran informasi negatif tertentu yang bisa merugikan citra perusahaan.
*      Kecenderungan penerapan internet based/computer aided news gathering membuat pengelolaan dan penempatan pesan di dunia maya ini menjadi semakin penting.
SEM & SEO
*      Penelusuran informasi di internet dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (keyword) ke mesin pencari (search engine). Agar informasi Anda mudah diakses secara on-line, situs tempat Anda menyimpan informasi itu (bisa berupa website atau blog)  harus didaftarkan lebih dulu.
*      Untuk registrasi “.co.id” registrasi dilakukan oleh idnic, sedangkan registrasi “.com” oleh sejumlah lembaga.
*      Registrasi ini ibarat mendaftar untuk memiliki hak guna bangunan. Sedangkan untuk mendapatkan lokasinya (hosting), kita harus mendaftarkan domain ke sejumlah provider. Misalnya CBN, Indosat, D-Net, Indonet, dll. Ada juga sejumlah perusahaan yang lebih kecil seperti Virtual.co.id. Bahkan ada juga beberapa situs yang memberikan domain gratisan, seperti yang disediakan detik.com
Memaksimalkan liputan
Ada sejumlah tip untuk memaksimalkan liputan dan menekankan citra perusahaan/organisasi.
       Kenali dengan jelas khalayak/pemangku kepentingan kunci perusahaan Anda
       Kenali media-media yang biasa mereka gunakan.


Kiat Optimalkan Liputan
Ada beberapa pedoman untuk memaksimalkan liputan dan meningkatkan citra perusahaan atau organisasi Anda.
*      Kenali siapa khalayak inti/pemangku kepentingan inti perusahaan Anda
*      Kenali apa media yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan mereka.
*      Kembangkan pesan spesifik perusahaan yang selaras sekaligus mendukung pesan perusahaan Anda.
*      Komunikasikan publisitas atau pencapaian perusahaan kepada setiap unit.
*       
SUMBER MATERI :
*      Pengantar Diskusi Cyber Public Relations
*      Drs.Teguh Poeradisastra, MM
*      Departemen Ilmu Komunikasi FISIP-UI