Pages

Rabu, 04 Mei 2011

E - RELATIONS dan Macam - Macamnya


E - RELATIONS
*      Media-media on-line yang biasa digunakan untuk menjalin hubungan
*      Mengembangkan Hubungan dengan Komunitas On-Line
*      Mengembangkan Komunitas On-Line untuk Media Relations
*      Menyebarkan e-News Release
Cyber Relations atau e-Relations adalah menjalin hubungan dengan para pemangku kepentingan (stake holders) perusahaan dengan menggunakan media berbasis internet.
Khalayak sasaran e-Relations meliputi internal maupun eksternal stake holders.
*      Internal/Employee e-Relations à intranet, LAN (Lotus Notes based), e-Newsletters, e-Zine
*      Internal/Management Information System (MIS)
*      Customer e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine
*      Investor e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine
*      Media e-Relations à web based forums, blogs, mailing list, e-Newsletters, e-Zine

*      Karyawan merupakan aset penting yang menentukan keberhasilan perusahaan.
*      Semangat dan motivasi karyawan sangat ditentukan oleh komunikasi dengan karyawan
*      Merupakan pegangan bagi karyawan (visi, misi, arahan, strategi perusahaan)
*      Merupakan bagian dari transparansi dan good corporate governance (GCG)
*      Karyawan menghargai komunikasi yang disampaikan dengan jelas, transparan, dan sopan.
*      Karyawan sangat menghargai bila komunikasi dilakukan oleh pimpinan tertinggi (CEO)
*      Dalam menyampaikan kabar buruk, berikan data dan fakta – jangan ditutup-tutupi – sehingga seluruh internal stakeholders dapat bahu-membahu mengatasi persoalan yang terjadi
*      Dalam menyampaikan kabar baik jangan terlalu berlebihan sehingga menimbulkan harapan berlebihan.

Customer Relation (1)
*      Pelanggan mempunyai kebebasan sepenuhnya untuk memilih berbagai produk atau jasa yang ditawarkan di pasaran.
*      Dalam menentukan pilihan tersebut mereka membutuhkan informasi yang transparan
*      Citra merek yang baik sangat penting dalam mempengaruhi  pelanggan dalam menentukan keputusan membeli, namun tak menjamin kesetiaan pelanggan bila informasi tentang produk atau jasa yang disampaikan terbukti berbeda dengan kenyataan, layanan pelanggan buruk.
Customer Relation (2)

*      Customer relations bisa mempertahankan atau menghilangkan pelanggan.
*      Pelanggan yang puas akan melakukan positive words-of-mouth dan positive viral communication. Dia akan menjadi ambassador atau evangelist bagi produk atau jasa kita yang mendorong akuisisi pelanggan baru.
*      Pelanggan yang kecewa akan menjadi terrorist yang menyebarkan negative words-of-mouth/negative viral communications
*      Kecepatan menyebar berita baik dibandingkan dengan berita buruk, seperti deret tambah (deret hitung) dan deret kali (deret ukur).
Customer Relation (3)

*      Ada sejumlah media komunikasi digital yang biasa digunakan dalam menjalin e-Customer Relations
*      e-Customer Newsletters
*      e-Magazine
*      Fanzine
*      e-Brochures
*      e-Direct Mail
*      e-Forum (web based)
*      Corporate Blog
*      Product Video (ditempatkan di website atau di YouTube)
*      Social Network Media: Facebook, Goodread, etc.
e-Media Relations
Ada sejumlah perubahan fundamental di bidang media relations dengan berkembangnya teknologi internet.
*      Di satu sisi, praktisi PR menjadi lebih mudah menyebarluaskan pesan-pesannya ke berbagai komunitas media secara serentak ke berbagai alamat – bahkan yang jauh di belahan bumi lain – dengan cara yang sangat murah.
*      Ini berarti ketika terjadi masalah penting dan perusahaan perlu mengumumkan dengan segera masalah tersebut ke banyak pihak (termasuk media), perusahaan bisa memanfaatkan jalur e-Media Relations ini.
*      Di sisi yang lain, perusahaan juga menjadi lebih sulit dalam menghalangi penyebaran informasi negatif tertentu yang bisa merugikan citra perusahaan.
*      Kecenderungan penerapan internet based/computer aided news gathering membuat pengelolaan dan penempatan pesan di dunia maya ini menjadi semakin penting.
SEM & SEO
*      Penelusuran informasi di internet dilakukan dengan mengetikkan kata kunci (keyword) ke mesin pencari (search engine). Agar informasi Anda mudah diakses secara on-line, situs tempat Anda menyimpan informasi itu (bisa berupa website atau blog)  harus didaftarkan lebih dulu.
*      Untuk registrasi “.co.id” registrasi dilakukan oleh idnic, sedangkan registrasi “.com” oleh sejumlah lembaga.
*      Registrasi ini ibarat mendaftar untuk memiliki hak guna bangunan. Sedangkan untuk mendapatkan lokasinya (hosting), kita harus mendaftarkan domain ke sejumlah provider. Misalnya CBN, Indosat, D-Net, Indonet, dll. Ada juga sejumlah perusahaan yang lebih kecil seperti Virtual.co.id. Bahkan ada juga beberapa situs yang memberikan domain gratisan, seperti yang disediakan detik.com
Memaksimalkan liputan
Ada sejumlah tip untuk memaksimalkan liputan dan menekankan citra perusahaan/organisasi.
       Kenali dengan jelas khalayak/pemangku kepentingan kunci perusahaan Anda
       Kenali media-media yang biasa mereka gunakan.


Kiat Optimalkan Liputan
Ada beberapa pedoman untuk memaksimalkan liputan dan meningkatkan citra perusahaan atau organisasi Anda.
*      Kenali siapa khalayak inti/pemangku kepentingan inti perusahaan Anda
*      Kenali apa media yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan mereka.
*      Kembangkan pesan spesifik perusahaan yang selaras sekaligus mendukung pesan perusahaan Anda.
*      Komunikasikan publisitas atau pencapaian perusahaan kepada setiap unit.
*       
SUMBER MATERI :
*      Pengantar Diskusi Cyber Public Relations
*      Drs.Teguh Poeradisastra, MM
*      Departemen Ilmu Komunikasi FISIP-UI




0 komentar:

Posting Komentar