Pages

Rabu, 04 Mei 2011

Pengertian Social Network

          Social Network adalah jaringan virtual yang terbentuk di antara sejumlah pengguna internet, yang membentuk jejaring sosial berdasarkan kesamaan tertentu. Jejaring ini bisa terbentuk karena kesamaan satu atau lebih karakteristik, misalnya kesamaan minat, profesi, asal-usul (sekolah, tempat lahir, dsb.), dan lain-lain.
Nama lain:
       Participatory media
       Consumer generated media/User generated content
       Web 2.0
         Social Network Media adalah teknologi atau media on-line yang memungkinkan para anggota jaringannya saling berbagi berhubungan dan bertukar pendapat, wawasan, pengalaman dan perspektif, satu dengan lainnya.

“If you
want to understand change
you need to be part of it.”
Awas! Dampak Blog & SNM

Media adalah pisau bermata dua
*      Pesan positif maupun negatif bisa menyebar dengan sangat cepat dan sangat luas.
*      Hukum besi komunikasi: kecepatan penyebaran berita negatif dibandingkan berita positif bagaikan deret kali berbanding deret tambah.
*      Perhatikan dan tanggapi setiap komentar, tanggapan, masukan, usulan, pada blog korporat
*      Simak dengan saksama sejumlah blog berpengaruh yang isi atau perhatiannya relevan dengan perusahaan kita (lakukan tagging atau RSS Feed)
*      Bina hubungan baik dengan blogger berpengaruh, sebagaimana dengan media massa dan LSM
Sejarah
     Social Network Media dimulai seiring dengan diperkenalkannya pendekatan Web 2.0.
Terjadi revolusi dalam penggunaan internet dari hanya searah (corporate/publisher/broadcaster orientation) menjadi dua arah, bahkan multiarah.
Hubungan yang terjadi bukan lagi antara producer (corporate/publisher/broadcaster) dengan user
Social Network Media adalah Media PR 2.0
 Sumber : Dari softcopy materi cyberCom.

0 komentar:

Posting Komentar